Instalasi-Konfigurasi DNS Server di UBUNTU Server 16.04

DOMAIN NAME SYSTEM

Domain Name System merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar didalam  jaringan komputer. Domain Name System menyediakan alamat IP untuk setiap nama host  dan mendata setiap server transmisi surat yang menerima surat elektronik untuk setiap domain. Domain Name System juga memiliki arti untuk mengidentifikasikan setiap komputer sebagai titik dalah suatu jaringan Internet yang menggunakan bantuan system protokol internet andress untuk menerjemahkan dari suatu nama domain ke IP dan dari IP kenama domain.

Domain Name System ini merupakan penamaan hirarki yang nantinya didistribusikan untuk suatu komputer, jasa, atau sumber daya yang terhubung ke Internet maupun jaringan pribadi. Domain Name System biasanya digunakan sebuah layanan nama domain untuk menyelesaikan permintaan untuk nama-nama website menjadi alamat IP untuk tujuan menemukan layanan komputer serta perangkat diseluruh dunia.

Prinsip dasar Domain Name System

Domain Name System adalah distributed database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) dijaringan yang menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Cara kerja Domain Name System

Domain Name System menggunakan relasi client-server untuk resolusi nama. Pada client mencari satu host, maka ia akan mengirim query ke server DNS. Query ini ialah suatu permintaan untuk resolusi nama yang dikirimkan ke server DNS.

  • Pada komputer client, sebuah program aplikasi misalnya http, meminta pemetaan IP Address. Sebuah program aplikasi pada host yang mengakses domain system disebut sebagai resolver, resolver menghubungi DNS Serverm, yang biasa disebuat name server.

  • Name server meng-cek ke local database, jika ditemukan maka name server menembalikan IP Address ke resolver jika tidak ditemukan akan meneruskan query tersebut ke name server root server.

  • Terakhir berulah si client bisa secara langsung menghubungi sebuah website / server yang diminta dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh DNS server.




INSTALASI-KONFIGURASI DI UBUNTU SERVER 16.04

Masuk ke Terminal yang ada pada ubuntu server, kita bisa masuk terlebih dahulu sebagai root dengan menggunakan perintah sudo su.


Selanjutnya kita akan menginstal BIND9 dengan menggunakan perintah apt-get install bind9. Jika kita telah menginstallnya bisa kita cek dengan mengunakan apt-cache policy bind9.



Selanjutnya kita edit file yang nantinya akan kita gunakan untuk mengenali DNS SERVER yang kita buat, dengan menggunakan perintah nano /etc/resolv.conf. kita bisa setting IP Address yang akan kita gunakan pada file ini dan kemudian jika kita telah selesai mengisi / mengedit IP Address kita bisa menyimpannya dengan menekan CTRL+X --> Y --> Enter pada Keyboard.




Untuk selanjutnya kita ketikan cd /etc/bind/ dan kita ketikan kembali nano named.config.default-zones dan kita ketikan seperti tertera pada gambar dibawah.


Tambahan pada bagian bawah


Kemudian simpan dengan menekan CTRL+X --> --> Enter pada Keyboard.

Selanjutnya kita akan membuat file zone copy dari db.local dan db.127



Kita masuk pada db.gundar.net kemudian edit


Selanjutnya kita edit db.56.168.192


Jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan CTRL+X --> --> Enter pada Keyboard.
Jika kita telah selesai setting pada Zone, selanjutnya kita restart BIND9 dengan menggunakan perintah /etc/init.d/bind9 restart. Jika muncul OK maka setting yang kita lakukan berhasil, selanjutnya kita bisa cek DNS dengan menggunakan nslookup ns.gundar.net.


SELESAI.

Nah itu tadi cara kita melakukan install dan konfigurasi DNS yang kita lakukan di UBUNTU Server 16.04. Untuk DNS ini sebenarnya hanya untuk menerjemahkan IP Address menjadi sebuah Nama yang dapat kita mengerti dan biasa kita gunakan dikehidupan sehari-hari, begitupun sebaliknya, yang tujuannya agar kita mudah mengingatnya.

Terimakasih untuk sumber gambar yang memperbolehkan saya untuk pergunakan.
Visit Us !

Penulis : Nillo Novembrianzah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Instalasi-Konfigurasi DNS Server di UBUNTU Server 16.04 ini dipublish oleh Nillo Novembrianzah pada hari Minggu, 09 Oktober 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan Instalasi-Konfigurasi DNS Server di UBUNTU Server 16.04
 

1 komentar:

  1. mantap nih artikel nya sangat bermanfaat dan mempermudah saya belajar
    My blog

    BalasHapus