Cloud Computing

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Cloud Computing, Disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu Cloud Computing. Cloud Computing merupakan Komputasi Awan, Mungkin masih ada yang bingung dengan maksut dari Komputasi Awan tersebut, Dari beberapa sumber yang telah saya baca, ini maksutnya adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengenbangan berbasis internet, yang dimana Awan disini maksutnya sebagai jaringan Internet yang sangat luas. Cloud Computing ini merupakan sebuah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis Internet. Cloud Computing pada dasarnya menggunakan internet based service untuk mengsupport business processnya.



Cloud Computing juga memiliki beberapa Manfaat :

Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita bisa menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, misalnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.

Aksesibilitas, yaitu kita bisa mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.

Kecemasan, ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak.

Kreasi, yaitu para user bisa melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara langsung ke perusahaan, tapi user bisa mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.

Keamanan, yaitu data kita bisa terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data bisa disimpan secara aman di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diperlukan untuk mengamankan data perusahaan.


Could Computing ini juga memiliki beberapa sejarah yang sangat panjang, saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah dari Cloud Computing Pada tahun 50-an, Cloud Computing memiliki konsep yang mendasar. komputer mainframe yang tersedia dalam skala yang besar dalam dunia pendidikan dan perusahaan dapat diakses melalui komputer terminal. Terminal tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan komunikasi tetapi tidak memiliki kapasitas pemrosesan internal. Agar penggunaan mainframe yang relatif mahal menjadi efisien maka mengembangkan akses fisik komputer dari pembagian kinerja CPU. Hinga pertengahan tahun 70-an dikenal dengan RJE remote proses Entry Home Job yang berkaitan besar dengan IBM dan DEC Mainframe. Hingga Pada Tanggal 1 Maret 2011, IBM mengumumkan SmartCloud kerangka IBM Smarter Planet untuk mendukung. Di antara berbagai komponen dasar Smarter Computing, cloud computing adalah bagian yang paling penting.

Referensi :

Visit Us !!

Penulis : Nillo Novembrianzah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Cloud Computing ini dipublish oleh Nillo Novembrianzah pada hari Selasa, 14 Oktober 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Cloud Computing
 

0 komentar:

Posting Komentar