Evolusi Komputer

Sekarang saya akan sedikit menjelaskan tentang Evolusi komputer yang dulunya sebuah alat hitung seperti kalkulator hingga sampai sekarang menjadi komputer yang berukuran sangat kecil.

Komputer dulunya sebagai alat hitung tradisional yaitu Abacus atau Sempoa, Abacus ini terbuat dari biji-bijian yang tersusun sejajar dan dapat digeser-geser. Alat ini ditemukan di Cina pada tahun 3000-an. seiring berkembangnya zaman, Kemajuanpun berkembang pesat, hingga pada tahun 1642 Blaise Pascal berhasil membuat sebuah kalkulator roda numerik. Alat ini besarnya seperti kotak sepatu yang meggunakan roda-roda bergerigi dan harus diputar jika hendak melakukan penambahan dan pengurangan, alat ini tidak bisa melakukan operasi selain penambahan dan pengurangan contohnya operasi perkalian dan pembagian, hingga pada tahun 1671 seorang ahli dari Jerman bernama Leibniz menyempurnakan alat tersebut sehingga alat ini bisa melakukan operasi perkalian dan pembagian. Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris yang bernama Charles Babbage pada tahun 1791 sampai dengan 1812, Charles Babbage ini membuat alat hitung yang mampu berhitung hingga ketepatan 20 angka, dan alat ini diberi nama Difference Engine. Inilah yang akan menjadi cikal bakal dari komputer otomatis, oleh sebab itu Charles Babbage ini disebut sebagai bapak komputer / orang yang menemukan Komputer pertama kali. Hingga saat ini komputer terbagi menjadi beberapa generasi, mulai dari generasi pertama hingga saat ini bisa dibilang Generasi kelima.

disini saya akan menjelaskan sedikit dari Generasi pertama  hingga Generasi kelima .




Dimulai dari generasi pertama ini, Komputer pada generasi ini masih menggunakan Tabung Hampa ( Vacum Tube ) dan program yang ada didalamnya ini masih menggunakan bahasa mesin yang sangat sulit sekali dimengerti. Pada generasi pertama ini, Komputer ini masih berukuran sangat besar, sehingga sangat sulit sekali bawa kemana-mana tidak seperti komputer yang ada sekarang ini, komputer generasi pertama ini memiliki kemampuan yang sangat terbatas, dan masih menggunakan pendingin ruangan karena banyak mengeluarkan panas. Komputer pada zaman ini memiliki kemampuan memproses data yang relarife lambat. Komputer Generasi pertama ini diperkenalkan pada tahun 1940-1959.



Generasi kedua, Komputer pada generasi ini telah menggunakan Trasistor yang sangat berpengaruh pada perkembangan komputer pada masa ini. Penggunaan Trasisitor ini  sebagai pengganti Vacum Tube yang mengakibatkan ukuran komputer pada masa ini sedikit lebih kecil dari generasi pertama. Penggunaan Transistor ini mulai dipergunakan dalam teknologi komputer pada tahun 1956. pada masa ini, komputer sedikit mengalami beberapa kemajuan dimulai dari ukurannya yang sadikit lebih kecil dari generasi pertama, serta memiliki kemampuan memproses yang sedikit lebih cepat dibandingkan komputer generasi pertama. Komputer generasi kedua ini diperkenalkan pada tahun 1959-1964.



Generasi ketiga, Komputer pada generasi ketiga ini telah menggunakan teknologi IC ( Intergrated Circuit ) yang masih digunakan hingga komputer generasi yang sekarang ini. Komponen IC ini berbentuk Hybrid atau Solid. Teknologi IC ini dibuat pertama kali oleh Texas Istruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Komputer pada generasi ketiga ini karena telah menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat, Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama. Komputer ini juga mengalami peningkatan dari sisi Softwarenya serta memiliki kapasistas memory lebih besar dan menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter). pada generasi ini juga komputer telah memiliki kemampuan untuk melakukan multiprocessing dan multitasking. Komputer generasi ketiga ini diperkenalkan pada tahun 1964-1970.



Generasi keempat, Komputer generasi keempat ini komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebih sederhana. Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip. pada generasi ini juga telah mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network). Pada komputer generasi keempat ini program yang ada didalamnya telah menggunakan bahasa BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL bukan lagi bahasa mesin. Komputer generasi keempat ini diperkenalkan pada tahun 1971- sekarang.



Gereasi Kelima, pada komputer generasi kelima ini merupakan komputer yang telah dikembangkan dari komputer sebelum-sebelumnya. komputer generasi kelima sudah dibilang lebih canggih dari kompter generasi sebelumnya,  karena komputer ini sudah berukuran sangat kecil. Misalnya Keyboard untuk menginputkan data kedalam komputer, itu sudah menggunakan hologram, tidak lagi berbentuk Hardware seperti komputer-komputer sebelumnya. Komputer generasi kelima ini diperkenalkan mulai dari sekarang  sampai kedepannya.


Inilah yang dapat saya sampaikan untuk para pembaca. disini saya mengambil kesimpulan bahwa Kemajuan teknologi yang ada didunia saat ini sangatlah berkembang pesat, bisa dilihat bukti-bukti kemanjuan teknologi yang ada disekitar kita, mungkin untuk tahun yang akan datang komputer tidak lagi sebesar yang sakarang, tetapi komputer bisa kita bawa berpergian seperti halnya laptop yang sekarang. Sepeti gambar dibawah ini.




Referensi :

Visit Us !


Penulis : Nillo Novembrianzah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Evolusi Komputer ini dipublish oleh Nillo Novembrianzah pada hari Selasa, 30 September 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 10 komentar: di postingan Evolusi Komputer
 

10 komentar:

  1. Wah artikelnya lengkap banget, nice post :) di tunggu postingan berikutnya yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas kunjungannya. Ok nantikan postingan saya selanjutnya :)

      Hapus
  2. arigatou min :D , berkat artikel ini saya jadi mengetahui perkembangan komputer dari dlu hingga sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Domo :). jangan lupa kunjungi dari refrensi yang telah saya baca, agar dapat menambah wawasa agan :D

      Hapus
  3. oh gitu ya mas, baru tau saya sejarahnya. makasih ya mas sangat membantu

    BalasHapus
  4. Wah nice info nih :D lanjutin yaa gan postingannyaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkunjung, Ok nantikan postingan saya selanjutnya :)

      Hapus
  5. Wah pas bgt nih aku lg ada tugas dri sekolah thanks bgt artikel ny

    BalasHapus