Pengembangan WEB dan bahasa pemograman WEB

Hari ini saya akan meposting tugas saya yang ke-2 tentang Pengembangan WEB dan Bahasa Pemrograman WEB.

Pertama saya akan membahas sedikit tentang WEB, WEB merupakan halaman situs sistem inoformasi yang dapat diakses secara cepat. Web ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan kominikasi. Melalui perkembangan teknologi informasi, tercipta suatu jaringan antar komputer yang saling berkaitan. Jaringan yang dikenal dengan istilah Internet secara terus-menerus menjadi pesan elektronik, termasuk e-mail, transmisi file, dan komunikasi dua arah antar individu atau komputer

Untuk cara kerja WWW(World Wide Web)
Bekerja pada Web mencakup dua hal pengting, yaitu :
1. Software Web Browser
2. Software Web Server
kedua Software ini bekerja seperti sebuah sistem client-server, Web Browser yang bertindak sebagai client dan Web Server yang bertindak sebagai servernya.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP ini merupakan suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web Browse dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web Server dalam menyediakan dokumen yang diminta Web Browser.
HTTP : Protokol standart untuk mengakses dokumen HTML

Uniform Resource Locator (URL)
URL ini merupakan suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu Web Server. URL dapat diibaratkan sebagai suatu alamat yang terdiri dari:
1. Protokol yang digunakan browser untuk mengambil informasi
2. Nama dari komputer dimana informasi tersebut berapa
3. Jalur/path serta nama file dari suatu informasi
Format umum dari suatu URL ( protokolTransfer://namaHost/path/namafile

Domain Name System (DNS)
Format penamaan standar (sistem pemberian nama secara hirarki) untuk komputer, service atau resource lain yang berhubungan dengan Internet, untuk mempermudah pegolahan server komputer di internet
Contoh DNS
Nama Domain          Jenis Organisasi                      Contoh
com                           Organisasi komersial              yahoo.com

WEB Page
Setiap perusahaan  atau pribadi yang memiliki informasi di World Wide Web memerlukan suatu website. Setiap informasi ini disimpan dalam suatu file yang berbeda-beda yang disebut Web Page. didalam Web Page tersimpan berbagai informasi yang link yang menghubungkan suatu informasi ke informasi lainnya, baik itu didalam suatu Web Page yang sama, ataupun dalam Web Page lain atau Website yang berbeda. Sebelum mengakses berbagai macam informasi pada suatu Website, akan ditemui suatu Web Page pembuka yang disebut debagai Home Page. Home Page ini merupakan halaman pertama dari suatu Website yang biasanya berisi tentang apa dan siapa pemilik Website tersebut.

WEB Browser
Web browser ini merupakan perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan oleh user untuk menampilkan dan berinteraksi dengan teks, image, video, music, game atau informasi lainnya yang terdapat dalam halam web dari suatu Website pada WWW.
Contoh web browser:
1. Internet Explorer      4. Opera
2. Mozilla Firefox        5. Google Chrome
3. Safari                        6. Dan masih banyak lagi

Pada pengembangan WEB ini terdapat METODE-METODENYA yang memiliki tahapan.


1. Requirement Analysis
Tahapan ini menentukan tujuan dari web, target audience, target platform, user goals, business goalm dll.

2. Conceptual Design
Tahapan ini fokus dari design konseptual ini perintah dan bagaimana mengerjakan perintah tersebut (Command)

3. Mockeup and Prototype 
Dalam tahapan ini dibuat visual representation (Mockeup) dan interactive representation (Prototype) untuk membuat contoh dengan cepat dan mengevakuasinya sebelum dibuat produk akhir.

4. Production
Pada tahapan ini dibuat produk akhir, teks final, isi grafik, dan program harus dibuat semunya. evaluasi yang umum mencakup penjaminan kualitas, user testing, dan field testing.

5. Launch
Tahapan ini produk diluncurkan dan siap diakses olem umum, selanjutnya, Website dipelihara dan di evaluasi.


Bahasa Pemrograman WEB.

Pemrograman web diambil dari dua suku kata yaitu pmrograman dan web. Pemrograman diartikan proses, cara, perbuatan program. Web adalah jaringan komputer yang terdiri dari kumpulan situs internet yang menawarkan teks dan grafik dan suara dan sumber daya animasi melalui protokol transfer. Dalam pembuatan sebuah Website, bisa menggunakan beberapa bahasa pemrograman sebagai dasar dalam pembuatan web dan design web. Contohnya :

1. HTML
HyperText Markup Language ( HTML) merupakan sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halamn web, menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajahan web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
Contoh Coding :
<html>
            <head>
            <title> Website Percobaan</title>
            <head>
<body>
Selamat Datang di Website kami !
</body>
</html>

2. PHP
PHP adalah singakatn dari PHP : Hypertext Prepocessor, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penangan pembuatan dan pengembangan sebuag situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan dari Personal Home Page Tools.
Contoh Coding :
<html>
          <head>
          <title> Website Percobaan</title>
<body>
 <?php
      echo "Selamat Datang di Website kami !";
    ?>
</body>
</html>

3. CSS
Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Sama halnya styles dalam aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word yang depat, mngukur beberapa style, misalnya heading, subbab, bodytext, footer, images, dan style lainya untuk dapat digunakan bersama-sama dalam beberapa berkas (file). CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna bagian tubuh pada teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin atas, kiri, kanan, bawah, dan peimeter lainya.
Contoh Coding :
<style>
#header {
             height: 155px;
             width:auto;
             background:#66F url(Adidas.jpg) no-repeat;
             position: relative;
             color: white;
             font-family:"Times New Roman",Times, serif;
             border: 0px solid #000;
}
</style>

Cukup sekian pembahasan dari saya, untuk lebih jelasnya anda bisa cari sumber-sumber yang lainnya.


Sumber : Visit Us !
                Visit Us !


Penulis : Nillo Novembrianzah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengembangan WEB dan bahasa pemograman WEB ini dipublish oleh Nillo Novembrianzah pada hari Sabtu, 25 April 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Pengembangan WEB dan bahasa pemograman WEB
 

0 komentar:

Posting Komentar