Artificial Intelligence (AI)

Yo.. Para pengunjung blog saya. Kali ini saya akan membahas sedikit tentang Artificial Intelligence atau yang biasa disebut AI. Karena ini merupakan sebuah tugas softskill saya yang terakhir, disini saya diminta untuk mereview beberapa aplikasi yang berhubungan dengan (Kesehatan, Pendidikan, Transportasi). Langsung saja kita liat dibawah ini Pendefinisian dan Aplikasi apa saja yang berhubungan dengan itu semua.


* Definisi



Artificial Intelligence didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap sebagai komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan kedalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan robotika.

Banyak hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk informatika relatif tidak bermasalah. Seperti contoh : mentransformasikan persamaan, menyelesaikan masalah integral, membuat permainan catur. Disisi lain, hal yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang masih sulit untuk direalisasikan dalam informatika. Seperti contoh : pengenalan Obyek/Muka, bermain sepakbola.


* Aplikasi - Aplikasi yang berhubungan dengan AI


1 - Grab Taxi (Transportasi)


Grab Taxi ini merupakan sebuah layanan aplikasi mobile yang difokuskan sebagai wadah bertemunya para pencari jasa taxi dan jaringan penyedia taxi. Dengan sistem yang sangat simpel, kedua pihak yang saling membutuhkan tersebut di jembatani dengan adanya aplikasi besutan developer asal Malaysia, MyTeksi tersebut. Para pencari jasa taksi bisa dengan mudah menemukan serta memesan taksi yang kita buthkan plus berbagai keuntungan lainnya.

-Review Aplikasi GRAB TAXI


Tampilan Grab Taxi

Tampilan Menu

Pada tampilan aplikasi Grav Taxi memiliki design yang simple dan juga sebuah sistem yang simple untuk pengorasiannya. Untuk menjalankan aplikasi ini kita diharuskan Register dan Login terlebih dahulu sebagai user. Kita bisa lakukan dengan mengklik kolom Register pada layar.

Form Register

Disini kita diminta melakukan pengisian Nama dan Nomor Hp untuk melakukan registrasi, dan disini kita juga bisa login dengan menggunakan Account Facebook yang kita miliki.

Registrasi Berhasil

Jika Registrasi Berhasil akan muncul menu baru yaitu History, pada History inilah semua hasil rekap pemesanan yang kita lakukan akan tersimpan.

Halaman Utama

Pada Grab Taxi ini kita juga harus mengaktifkan GPS yang ada di prangkat mobile kita untuk mngetahui posisi kita berada sekarang dan untuk menentukan tujuan kita. Untuk meilih tujuan kita bisa lakukan dengan mengklik Gambar bedera yang ada pada layar, maka aplikasi ini akan menuju pada kolom proses pencarian lokasi yang kita inginkan.

Pencarian Lokasi

Jika sudah kita pilih lokasi mana yang akan kita tuju, maka aplikasi ini uniknya akan melakukan proses perhitungan kisaran biaya yang akan kita keluarkan. bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Jika sudah fix emang kita ingin menggunakannya langkah selanjutnya bisa kita klik Next yang ada dibawahnya & Confrim Booking.




-Kesimpulannya

Aplikasi ini juga merupakan salah satu dari Atificial Intgelligence yang dimana dalam pembuatanya menggunakan ilmu kecerdasan buatan yang menggunakan prinsip penentuan rute tercepat melalui support system yang menggunakan GPS.

-Rate

Rate
-APK



2 - GPS Navigation & Maps Sygic (Transportasi)

GPS Navigation & Maps Sygic ini merupakan Aplikasi navigasi yang memiliki antarmuka yang cantik, sehingga memudahkan kita sebagai pengguna dalam mengoperasikannya. Sygic merupakan aplikasi navigator yang memiliki banyak lelebihan dibandingka aplikasi yang lain.

-Review Aplikasi GPS Navigation & Maps Sygic


Tampilan GPS Navigation & Maps Sygic

Untuk menjalankan aplikasi GPS Navigation & Maps Sygic ini kita harus melakukan melakukan beberapa tahapan, dan juga termasuk mendownload Mapsnya terlebih dahulu karena aplikasi ini besifat Offline. Untuk tahap-tahapnya kita bisa lakukan dengan beberapa cara seperti dibawah ini.

Pemilihan Map suatu Negara

Untuk melakukan pemilihan ini sebenarnya sangat mudah, kita tinggal memilih Benua dan Negara mana yang akan kita download Mapsnya. disini saya pilih sesuai dengan tempat tinggal saya yaitu Benua ASIA dan Negara INDONESIA. Jika sudah memilih mapnya, maka aplikasi ini akan melakukan proses mendownload mapsnya.

Interface

Inilahh tampilan utama dari suatu aplikasi GPS Navigation & Maps Sygic, dengan menggunakan tampilan 3D semua terlihat begitu indah. Jika ada yang mempertanyakan "kenapa hanya di INDONESIA saja yang ada nama-nama kotanya?" Jawabannya simpel, karena pada saat pemilihan Negara hanya INDONESIA yang saya pilih untuk Mapnya.

Menu

Ini adalah sebuah menu yang ada pada aplikasi GPS Navigation & Maps Sygic. Didalamnya terdapat beberapa menu. Untuk melakukan proses pencarian suatu wilayah atau kota yang akan kita tuju kita bisa melakukannya dengan klik tombol Search yang ada diatas pada layar Smartphone kita.

Search

Jika telah memilih kota atau tempat mana yang akan kita tuju maka tampilan akhirnya akan seperti gambar yang ada dibawah ini.

GPS Navigation & Maps Sygic

-Kesimpulannya

Dalam aplikasi ini kita menggunakan yang namanya GPS untuk melakukan proses pencarian suatu lokasi, berbicara tentang GPS kita balik lagi pada kesimpulan Aplikasi yang pertama yaitu ini salah satu dari Atificial Intgelligence yang dimana dalam pembuatanya menggunakan ilmu kecerdasan buatan yang menggunakan prinsip penentuan rute tercepat melalui support system yang menggunakan GPS.

-Rate


-APK


3 - Runtastic (Kesehatan)

Runtastic adalah aplikasi workuot yang menggunaka GPS untuk memetakan aktivitas olah raga dan fitness penggunanya. Anda bisa mendapatkan data atau catatan untuk olah raga lari, jogging, atau berjalan kaki. Aplikasi ini pun bisa mencatat perkembangan latihan jantung kita.

Aplikasi olah raga tentu tidak lengkap tanpa komunikasi. Runtastic menyediakan akses dari web, dimana pengguna bisa ngunggah hasil latihan atau olah raga ke Runtastic.com dan bergabung bersama komunitas untuk saling menyemangati. Runstastic ini juga menyediakan beragam fitur-fitur.

Tampilan awal

Login Account

Untuk menjalankan sebuah aplikasi ini kita diharuskan Login menggunakan Account kita terlebih dahulu, kita bisa menggunakan login Facebook atau bisa Login Google+.

Menu
Pada Runtastic ini terdapat varian menu dimulai Activity, History, Statistics, Routes, Interval Training, Training Plans, dan Story Running. Pada proses Activity kita juga bisa memilih tipe activitynya seperti gambar dibawah ini.

Activity Type

Dan Runstatic ini juga menyediakan hasil rekap jika kita sudah selesai melakukan aktifitas joging kita. seperti yang dilihat dibawah ini


-Kesimpulannya

Aplikasi Runtastic ini sangat membantu untuk menemani aktifitas jogging kita, dan aplikasi ini juga menggunakan GPS yang dimana ini juga salah satu aplikasi dalam Artificial Intelligence. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur-fitur yang menarik yang membuat kita tidak merasa bosan dalam menggunakannnya.

-Rate


-APK


4 - Kalkulator Zakat (Pendidikan)

Kalkulator Zakat adalah aplikasi untuk menghitung berapa jumlah zakat yang dikeluarkan dari pribadi. Kalkulator Zakat menghitung zakat yang harus anda keluarkan. Dilengkapi dengan penjelasan dan bagaimana rumus perhitungannya. Berisi hitungan untuk Zakat penghasilan dan Zakat Maal.


Pada Kalkulator Zakat ini kita diminta untuk penginputan penghasilan gaji, jumlah penghasilan, cicilannya, dan lain sebagainya. yang nantinya akan dihitung apakah Wajib atau tidak untuk berzakat.

Hasil Result

Ini merupakan hasil apakah kita yang memiliki pendapatan sesuai dengan data-data yang telah kita inputkan Wajib berzakat atau tidak.

-Kesimpulannya

Dalam aplikasi ini mengandung sedikit yang namanya Artificial Intelligence karena, kita bisa terbantu dengan adanya aplikasi ini yang sangat akurat tentang berapa-berapa saja zakat yang akan kita keluarkan nantinya.

-Rate


-APK


5 - Nike+ Running (Kesehatan)


Nike+ Running adalah sebuah aplikasi dari produsen pelengkapan olah raga Nike yang dibuat khusu untuk anda yang mempunyai hobi berolahraga lari atau menekuninya sebagai sebuah profesi. Aplikasi ini mempunya fitur GPS, Pace Tracker, Timer, Calories, Pedometer, Music Player dan Jejaring sosial. Palikasi ini berfungsi untuk melacak, mengimkan data-data ke situs resmi Nike yang lain yaitu Nikeplus, serta membandingkan dengan pelari lainnya. Dengan data yang otomatis ter-upload ke situs Nikeplus kita dapat melakukan evaluasi dengan fitur NikeFuel. 

Tampilan awal Nike+ Running

Login Account

Untuk menjalankan aplikasi ini kita diharuskan untuk Login terlebih dahulu, disini kita bisa login menggunakan Account Facebook untuk mempermudah. Setelah kita Login menggunakan Account Facebook nanti kita akan diminta mengisikan data diri kita dan Password baru untuk Login kedalam Aplikasi ini.
Form

Tampilan Home

Ini adalah tampilan dari sebuah aplikasi Nike+ Running. Aplikasi ini juga memiliki beberapa Menu diantaranya : Activity, Friends, Challenges, Coach, Shop Seperti yang tertera pada gambar dibawah ini
Menu

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi yang saya bahas diatas, yang memedakannya mukin dari segi tampilan dan fitur-fiturnya saja. Aplikasi ini dilengkapi dengan GPS.

-Kesimpulan

Pada aplikasi ini memiliki design yang sangat menarik dan juga indah, pada aplikasi ini juga memilikin beberapa fitur unggulan seperti Shop yang nantinya akan menuju pada halaman Nike. Aplikasi ini juga dilengkapin dengan sebuah System GPS.

-Rate



-APK





Mungkin cuman ini yang bisa saya review, Semoga sedikit bermanfaat untuk para pembaca semuanya, Terimakasih.







Penulis : Nillo Novembrianzah ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Artificial Intelligence (AI) ini dipublish oleh Nillo Novembrianzah pada hari Jumat, 17 Juli 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Artificial Intelligence (AI)
 

0 komentar:

Posting Komentar